Belajar dari stoik, overthingking sewajarnya

sebelum mengurai pembahasan lebih jauh, kita pahamin dulu yuk overthingking itu apa si? apakah overthingking bagian dari gangguan mental? mengutip dari artikel halodoc overthingking disini bukan berarti penyakit mental atau mental ilnes tapi gejala yang timbul ketika seseorang merasakan depresi atau kecemasan. tapi, kita mesti hati-hati dengan overthingking ini karena jika kita terlalu depresi atau merasa cemas berlebihan akibatnya bisa fatal, tidak hanya mengganggu kesehatan mental kita, tapi bisa menganggu kesehatan fisik. 

di usia produktif dizaman sekarang ini anak muda sering merasakan yang namanya overthingking atau pikiran yang berlebihan. kenapa? karena di usia muda khususnya diusia 19 tahun keatas mereka mulai mencari dan menentukan kehidupan yang merka mau. entah dalam pekerjaan, pendidikan, percintaan dan lain sebagainya. 

jangan heran jika anak muda seringkali merasakan overthingking, entah terlalu memikirkan target yang dia mau, masa depan, pekerjaan yang baik, dan masih banyak lagi yang menjadi beban pikiran anak muda. 

lalu, gimana ya biar overthingking itu berkurang? temen2 memikirkan sesuatu hal yang membuat kita takut itu hal yang wajar, semua orang pasti merasakan hal itu, yang tidak wajar adalah ketika pikiran itu terus ada di otak kita, sehingga menimbukan depresi yang kepanjangan. jangan sampai seperti itu ya! 

aku mau berbagi sedikit tips agar pikiran yang kita takutkan itu bisa kita cut diotak kita. belajar dari filsafat dari stoikisme atau biasa disebut stoa ada yang disebut dengan dikotomi kendali, ada yang bisa kita kendalikan dan ada yang bisa kita tidak kendalikan. apa saja hal-hal yang bisa kendalikan yaitu memanfaatkan waktu atau kesempatan, memanage emosi, fokus dengan apa yang dikerjakan dan masih banyak hal lain. 

sedangkan, hal yang tidak bisa kita kendalikan yaitu masa depan, omongan orang, ekspetasi orang lain, masa lalu dan masih banyak lagi. nah kita sering overthingking terhadap hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, siapa si yang tau hasil kita nanti? masa depan kita nanti? hanya yang maha segalanya yang tau akan hal itu. 

tugas kita sekarang memikirkan hal-hal yang bisa kita kendalikan. gunakan kesempatan sebaik mungkin dengan membaca, menulis atau tugas apapun. jangan banyak memikirkan suatu hal yang membuat energi dan waktu kita habis. ini memang ga mudah karena aku sering merasakan hal itu. setiap manusia pasti diberi sesuatu yang bikin kita kuat nantinya meski prosesnya ga mudah. hidup tentang berjuang kan?. jadi overthingking sewajarnya saja ya teman2!

SEMANGAT KAMU YANG SEDANG BERJUANG HARI INI.

USAHAMU TIDAK AKAN SIA-SIA 

JIKA YANG KAMU TUAI BELUM TUMBUH DI BUMI, MUNGKIN SEDANG BERSEMI DI LANGIT. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gadis Kretek : Perempuan perokok hingga Trauma 65

pembullyan yang dilakukan anak sekolah, salah siapa?

Haid bukan hal yang tabu!